7 Hal Penting Tentang Google Mail Yang Perlu Kamu Ketahui

Google mail merupakan salah satu layanan surat elektronik yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa menggunakan email untuk berbagai kepentingan
7 Hal Penting Tentang Google Mail Yang Perlu Kamu Ketahui

Tutorku.my.id - Google mail merupakan salah satu layanan surat elektronik yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa menggunakan email untuk berbagai kepentingan, mulai dari berkomunikasi dengan orang lain hingga mengirimkan tugas atau lamaran pekerjaan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Gmail secara umum.

Sejarah Google mail

Dirilis pada 1 April 2004 dengan status beta, situs pesan elektronik besutan Google ini memiliki fitur menarik yang tidak dimiliki pesaingnya kala itu. Pesaing mereka kala itu, contohnya adalah Hotmail keluaran dari Microsoft hanya memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 2-4 megabyte saja. Sementara Gmail diinfokan akan memberikan penyimpanan total sebesar 1 gigabyte, sangat besar untuk waktu itu.

Penyimpanan tersebut dapat digunakan untuk mengirim file-file dalam email. File tersebut bisa berupa gambar, audio ataupun file dokumen lain. Publik pada kala itu yang tidak percaya ketika Google mengatakan akan meluncurkan layanan Gmail, karena mereka merilisnya bertepatan pada tanggal 1 April. Dimana banyak yang menganggap itu hanya sekadar April Mop yang diakukan oleh Google. Ini juga disebabkan karena besarnya penyimpanan gratis yang akan diberikan Google untuk tiap akun.

Ternyata faktanya memang benar, Google mail benar-benar memberikan kapasitas total sebesar 1gb untuk setiap akun penggunanya, yang mana penyimpanan tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis file dengan menggunakan email. Kapasitas total 1 gb yang diberikan Gmail terbilang sudah sangat besar pada masa itu, ketentuannya user dapat mengirimkan lampiran namun dibatasi hingga 25mb per email.

Gmail kembali mengejutkan halayak umum ketika pada perayaan ulang tahun pertama mereka pada tanggal 1 April 2005, mereka meningkatkan penyimpanan yang awalnya 1gb per akun, menjadi 2gb per akun. Pada tahun 2012, bersamaan dengan diperkenalkannya fasilitas penyimpanan cloud storage Google Drive, Gmail kembali mendapatkan update kapasitas penyimpanan menjadi 7,5gb hingga 10gb. Gmail meraih milestone mereka pada bulan Juni 2012 dimana Gmail menjadi layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan pengguna aktif sebanyak 425 juta akun di seluruh dunia. Source: The Verge

Dan di Oktober 2019, Gmail kembali menambah kapasitas penyimpanan untuk setiap akun hingga mencapai total 30gb. Ditambah lagi dengan layanan cloud storage Google Drive yang menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15gb per akun, Google semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu raja software di dunia.

Kompetitor Gmail

Sebagai salah satu layanan yang bergerak di bidang surat elektronik, banyak kompetitor yang menjadi saingan dari Gmail. Mereka diantaranya adalah Yahoomail dan Hotmail. Kita tidak mengikutsertakan custom alamat email ketika kita memiliki sebuah hosting, karena itu tidak terlalu umum di kalangan publik.

Dibanding dengan kompetitornya, Gmail masih menjadi yang terpopuler dikarenakan kemudahan dalam pembuatan akun baru dan kenyamanan yang didapat dari ekosistem Google itu sendiri.

Fungsi dan Manfaat Gmail

Banyak fungsi dan manfaat yang akan kamu dapatkan ketika memiliki akun Gmail, yang pertama yang paling pasti adalah layanan berkirim pesan secara digital -fungsi utama dari email-. Fungsi lainnya adalah:

  1. Media mengirim surat lamaran pekerjaan
  2. Di era teknologi, semua hal sudah serba digital, salah satunya yang terpengaruh adalah melamar pekerjaan. Jika dulu kita mengirim surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan kertas fisik dan harus ke perusahaan langsung, di zaman sekarang kita bisa menggunakan email untuk mengirim surat lamaran pekerjaan dan lampiran lainnya. Ini akan lebih mempermudah kita dan pihak perusahaan, selain itu kita juga ikut mengkampanyekan mengurangi penggunaan kertas.

  3. Mengirim laporan atau tugas sekolah/kuliah
  4. Jika kamu adalah seorang siswa atau mahasiswa, maka mengirim dan mengumpulkan tugas adalah makanan sehari-hari kamu. Jika dulu kita mengumpulkan tugas langsung ke guru atau dosen, sekarang lebih sering kita mengirimkan tugas menggunakan email ke akun dosen. Ini akan memudahkan baik kita ataupun dosen dalam mengecek dan menerima laporan/tugas yang kamu kirimkan.

    Selain itu sama seperti mengirim lamaran pekerjaan melalui email, mengirim tugas menggunakan email akan mengurangi penggunaan kertas.

  5. Akses produk Google lainnya dengan sekali klik
  6. Karena Google mail merupakan salah satu layanan keluaran Google, maka terdapat dukungan penuh untuk produk google lainnya, contohnya adalah kemudahan menggunakan produk-produk lain.

    Maksudnya disini adalah ketika kamu ingin menggunakan produk google lain, kamu tinggal klik pilihan ”Sign in with Google” dan kamu tidak perlu ribet-ribet harus membuat akun serta memasukkan password lagi.

  7. Backup data penting
  8. Backup data penting disini misalnya backup kontak ke akun googlemail kamu. Jadi ketika kamu pindah smartphone, maka kontak yang ada di hp lama kamu akan otomatis dipindahkan ke hp yang baru dengan cara kamu tinggal login akun saja.

    Selain itu googlemail bisa juga digunakan untuk backup chat Whatsapp. Kamu tinggal pergi ke pengaturan WhatsApp dan mencari fitur backup.

Kelebihan Gmail

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Google Mail.

  1. Multiplatform
  2. Multiplatform disini berarti kamu bisa menggunakan akun di berbagai perangkat, baik itu smartphone android dan IOS, tablet, laptop dan komputer yang berbasis Windows serta linux bisa menggunakan layanan Gmail.

  3. Otomatis Mendapatkan Cloud Storage Gratis di Google Drive
  4. Memiliki akun Googlemail merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan 15 gb penyimpanan gratis di GoogleDrive. Setelah kamu memiliki akun, kamu tinggal mengunjungi web googledrive dan login dengan akun tersebut. Setelah itu kamu akan mendapatkan 15gb penyimpanan online gratis.

  5. Tampilan Email Dalam Bentuk Percakapan
  6. Dengan tampilan percakapan, mencari email dengan subjek tertentu akan jauh lebih mudah. Kita hanya perlu membuka satu topik pembicaraan dan mencari pesan yang ingin kamu lihat.

  7. Mendaftar Akun Sosial Media Dengan Sekali Klik
  8. Kemudahan lainnya yang kamu dapatkan adalah bisa daftar sosial media dengan menggunakan akun gmail. Ketika kamu ingin membuat akun facebook, instagrama tau twitter dan sosmed lainnya, kamu bisa menggunakan pilihan “Sign Up with Google”. Ini akan jauh mempermudah dalam membuat akun tanpa perlu mengisi data-data lagi.

  9. Dapat Dijadikan Tempat Backup Data-data Penting
  10. Seperti yang sudah kita bahas diatas, kita bisa melakukan backup atau pencadangan terhadap data-data penting kita dengan menggunakan akun Googlemail. Bisa backup kontak, chat whatsapp hingga backup data game online bisa kamu lakukan.

  11. Integrasi Produk Google Lainnya
  12. Dan yang terakhir, kamu bisa mengakses produk google lain seperti google docs, sheet, slide, google drive, google calendar dan masih banyak lagi tanpa perlu ribet membuat akun. Kamu bisa menggunakan pilihan “Sign in with Google” dan kamu sudah bisa menggunakan layanan tersebut.

Kekurangan Gmail

Tentu tidak ada layanan yang sempurna, sampai saat ini masih belum. Begitu pula dengan Google Mail, masih ada beberapa bagian yang bisa ditingkatkan dan beberapa bagian yang terdapat kekurangan. Contohnya adalah:

  1. Sering terjadi email tertunda
  2. Pada beberapa perangkat, kendala ini sering terjadi khususnya di perangkat mobile. Kadang ketika kita mengirim email melalui aplikasi mobilenya, email yang kita kirim tidak langsung terkirim melainkan masuk dalam antrean terlebih dahulu. Ini bukan merupakan masalah yang terlalu serius dan juga tidak semua orang mengalami masalah ini.

  3. Banyak spam yang salah sebenarnya bukan spam
  4. Gmail bisa menentukan mana email yang merupakan spam dan yang bukan. Seringkali memang pilihan mereka tepat, namun tidak jarang juga mereka melabeli email biasa sebagai email spam. Ini adalah kekurangan yang bisa mereka perbaiki dan tingkatkan lagi keakuratannya di masa mendatang.

Membuat Akun Gmail

Untuk kamu yang belum memiliki akun gmail, kamu bisa langsung mendaftar ke website resminya. Yang kamu perlukan hanyalah nomor hp untuk  verifikasi saja. Untuk pendaftarannya sendiri tidak begitu susah, kamu hanya perlu mengisi beberapa data diri saja dan akun kamu sudah bisa digunakan. Untuk tutorial lengkapnya kamu bisa klik di judul sub ini.

Cara Berkirim Email yang Sopan dan Professional

Ketika kamu akan mengirim email ke orang penting, baik itu suatu perusahaan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan atau mengirim ke dosen untuk mengumpulkan tugas, kamu harus menunjukkan sikap yang sopan dan professional.

Sikap yang sopan dan professional disini dapat kamu tunjukkan dalam beberapa hal berikut.

  1. Jangan Gunakan Foto Profil yang Aneh
  2. Gunakanlah foto profil yang sopan dan semestinya. Kamu tidak harus menggunakan foto profil yang kaku seperti pasfoto, kamu juga bisa menggunakan foto bebas namun tetap terkesan rapi dan sopan. Pastikan juga foto kamu jelas menampilkan wajah dan tidak berisi editan yang aneh.

  3. Gunakan Nama dan Alamat Email yang Professional
  4. Sebaiknya kamu memiliki satu akun yang nama dan alamat emailnya menggunakan nama asli kamu. Ini bertujuan untuk menunjukkan integritas dan keaslian akun kamu. Kamu bisa menggunakan akun ini hanya untuk hal-hal yang berhubungan dengan dunia professional saja.

    Jangan sekali-sekali menggunakan akun yang memiliki nama dan alamat email yang nyeleneh untuk kepentingan professional atau berhubungan dengan orang penting, itu akan menunjukkan bahwa diri kamu tidak serius dalam mengirim email.

  5. Perhatikan Penulisan Subjek
  6. Subjek merupakan judul dari sebuah email, oleh karena itu kamu harus benar dalam penulisan subjek. Kamu bisa menggunakan tujuan kamu mengirim email sebagai subjek. Ini merupakan hal yang paling umum digunakan sebagai subjek suatu email.

  7. Pahami penggunaan Cc dan Bcc
  8. Cc dan Bcc merupakan fitur pengiriman email ke banyak penerima. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mengirim email ke banyak penerima. Hal ini sesuai dengan penamaan Cc yaitu Carbon Copy dan Bcc yaitu Blind Carbon Copy.

  9. Format File Yang Dikirim
  10. Ketika kamu mengirimkan file menggunakan email, usahakan gunakan format yang bisa dibuka dengan sekali klik. Contohnya adalah pdf, jpg, png dan lainnya. Hindari penggunaan format file zip atau rar dimana penerima harus mengekstrak terlebih dahulu file tersebut.

    Selain lebih ribet, penerima juga bisa menganggap bahwa file yang kamu kirim didalamya terdapat virus atau scam karena mereka tidak bisa melihat isi file itu terlebih dahulu.

  11. Sisipkan Signature di Akhir Email
  12. Signature atau tanda tangan digital merupakan salah satu fitur professional yang disediakan email. Kamu bisa menyisipkan tanda tangan digital berupa salam penutup, nama kamu serta kontak yang bisa dihubungi. Dengan menambahkan signature di akhir email, maka pesanmu akan terlihat lebih professional.

Kesimpulan

Gmail merupakan salah satu layanan surel yang terkenal di masa sekarang. Disertai banyaknya fitur menarik dan bermanfaat yang mempermudah pekerjaan kita, sebagai generasi yang melek teknologi kita wajib bisa menggunakan Gmail semaksimal mungkin.

Kita bisa menggunakannya untuk berbagai kepentingan, baik itu mendaftar akun sosmed, mengirimkan tugas, laporan, skripsi, surat lamaran pekerjaan hingga backup data penting juga bisa kamu lakukan.

Yang terpenting adalah kita menggunakan email dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan menggunakannya untuk hal-hal yang berbau pelanggaran seperti penipuan, scam dan yang lainnya.

Itu tadi artikel mengenai Gmail, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Jika ada pertanyaan kritik dan saran silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah membaca!