Fungsi dan Manfaat Gmail - Satu Akun Berjuta Kemudahan

Gmail atau Google Mail merupakan salah satu platform pesan elektronik yang saat ini sangat populer di dunia pada masa sekarang ini.
Fungsi dan Manfaat Gmail

Tutorku.my.id - Gmail atau Google Mail merupakan salah satu platform pesan elektronik yang saat ini sangat populer di dunia pada masa sekarang ini. Nah buat kamu yang belum tau, Gmail adalah sebuah layanan mengirim pesan secara online, yang mana kita bisa mengirim pesan tanpa menggunakan pulsa. Yang kita perlukan hanyalah internet dan paket data yang memadai.

Gmail sendiri dapat mengirimkan pesan dengan disertai lampiran file, baik itu gambar, audio, ataupun dokumen lain dengan size maksimal 25mb per satu email. Ini artinya kamu hanya bisa mengirimkan lampiran dengan total ukuran 25mb saja.

Memang terdengar lumayan kecil, namun untuk ukuran pesan elektronik yang biasanya digunakan untuk berkirim dokumen word, excel, powerpoint atau sekadar gambar, batasan 25mb untuk sekali kirim email masih terbilang cukup wajar. Nah setelah kita membahas Gmail, mari kita bahas fungsi dari gmail itu sendiri.

Fungsi dan Manfaat Gmail

Ada banyak fungsi gmail yang dapat kita rasakan pada masa sekarang, mari kita bahas satu per satu.

Layanan Berkirim Surat Online

Sesuai dengan namanya, Gmail merupakan salah satu platform surat elektronik. Surat elektronik disini berfungsi untuk mengirimkan pesan dan lampiran tertentu ke orang lain. Ketika dulu kita menggunakan surat fisik yang harus dikirim ke kantor pos, maka fungsi utama Gmail mirip seperti itu. Yang membedakan adalah Gmail lebih cepat, gampang diakses dan tidak memerlukan biaya tambahan.

Media Mengirim Lamaran Pekerjaan

Fungsi yang kedua adalah sebagai media untuk mengirim CV dan lamaran pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, di tahun 2020 ini semua sudah serba digital. Jika dulu kita perlu datang ke suatu perusahaan untuk menyerahkan CV dan surat lamaran pekerjaan, kini kita bisa menggunakan email yang dalam hal ini contohnya adalah Gmail untuk mengirimkan CV dan surat lamaran pekerjaan.

Caranya adalah kita tinggal mencari informasi lowongan pekerjaan dari media sosial atau internet, kemudian kita membuat CV dan surat lamaran pekerjaan dalam bentuk pdf lalu kirimkan ke email yang sudah disertakan dalam informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Biasanya, perusahaan-perusahaan sudah mulai menggunakan cara ini untuk merekrut karyawan baru. Hal ini disebabkan karena lebih mudah dan cepat dalam proses penerimaan calon karyawan baru. Selain itu, menggunakan email berarti mengurangi penggunaan kertas.

Mendapatkan Cloud Storage Gratis di Google Drive

Manfaat yang ketiga adalah dengan memiliki Gmail, kita langsung bisa mendapatkan akun Google Drive dan mendapatkan 15gb penyimpanan online secara gratis. Karena Gmail dan Google drive sama-sama produk buatan Google, maka hal ini merupakan salah satu keuntungan Gmail yang diciptakan untuk ekosistem buatan Google.

Ketika kamu sudah memiliki akun Gmail, maka kamu sudah bisa langsung mengunjungi Google drive untuk mendapatkan penyimpanan online yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan file-file tertentu. Selain itu dengan menyimpan file secara online di Google Drive kamu dapat membagikan file tersebut ke teman-teman kamu secara online.

Mendaftar Akun Sosial Media Dengan Sekali Klik

Sebagai salah satu produk dari perusahaan raksasa Google, Gmail memiliki kelebihan dalam hal pendaftaran akun sosial media. Dengan menggunakan Gmail, kamu bisa mendaftar tanpa ribet dengan mengklik tombol "Daftar dengan akun google".

Kamu tidak perlu ribet-ribet daftar secara manual seperti mengisi kolom nama, tempat tanggal lahir, gender dan lain-lain. Dengan menggunakan fitur "Daftar dengan akun google", google secara otomatis akan mengisi kolom tersebut sesuai data yang ada di akun Gmail kamu.

Tempat Backup Data-data Penting

Gmail dapat digunakan sebagai tempat untuk membackup atau mencadangkan data-data penting yang kita miliki. Contohnya saja kita bisa menyimpan kontak atau nomor telepon di akun Gmail kita. Jadi ketika kita mengganti smartphone, yang perlu kita lakukan hanya login akun gmail yang sudah kita miliki dan kontak di smartphone lama otomatis akan ada di smartphone baru kalian.

Backup yang lainnya adalah backup chat di WhatsApp. Kamu bisa mencadangkan percakapan atau chat WhatsApp kamu dengan menggunakan Gmail. Jadi ketika kamu ganti smartphone baru, chat Whatsapp kamu tidak akan hilang

Gmail juga bisa digunakan untuk mencadangkan data game online di smartphone kita. Jadi dengan login menggunakan akun gmail, karakter dan data game kita akan disimpan dan tidak akan hilang ketika kamu menghapus game tersebut.

Mengakses Produk Google Lainnya

Google mengembangkan sebuah ekosistem yang didalamnya terdapat banyak produk-produk yang dapat kita gunakan. Contohnya adalah Youtube, Google docs, Google slide, Google sheet, Blogspot, Playstore, Calendar, Google Keep, Google Taks dan masih banyak lagi.

Dengan memiliki akun Gmail, kita bisa menggunakan aplikasi dan layanan tersebut gratis tanpa perlu membuat akun lagi. Contohnya saja adalah ketika kamu ingin menggunakan Google Docs untuk mengetik dokumen, kamu hanya perlu login dengan akun gmail kamu dan kamu sudah bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di Google docs.

Dan lagi karena itu adalah satu ekosistem yang diberikan Google, maka hubungan antar layanan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Contohnya adalah ketika kamu mengetik di Google doc, kamu bisa langsung mengirimkan file ketikkan kamu ke teman kamu melalui Gmail dan Google drive.

Contoh lain adalah ketika kamu ingin mengirimkan dokumen tertentu melalui Gmail namun sizenya terlalu besar, kamu bisa menyimpannya di Google drive, kemudian kamu lampirkan link file tersebut di Gmail kamu. Ekosistem yang dibangun Google memiliki banyak keuntungan yang bisa memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan dan produktifitas.


Itu tadi beberapa fungsi dan manfaat dari Gmail, adakah manfaat lain yang menurut kamu belum saya tuliskan diatas? Langsung tulis di komentar ya!