Yuk Simak Penjelasan CC dan BCC dalam Email Serta Contoh Penggunaanya

Daftar Isi Tampil
Penjelasan CC dan BCC dalam Email Serta Contoh Penggunaanya

Tutorku.my.id - Berkirim email dalam dunia pendidikan dan pekerjaan merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Dengan beragam fitur yang disematkan, email menjadi salah satu media berkomunikasi yang terkenal di kalangan masyarakat. Salah satu fiturnya adalah Cc dan Bcc.

Banyak yang belum tahu mengenai fitur Cc dan Bcc pada email, kadang mereka tidak menggunakan fitur ini padahal bisa mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan email. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang Cc dan Bcc dalam email.

Pengertian Cc dan Bcc

Cc dan Bcc merupakan fitur yang berfungsi untuk mengirimkan email ke lebih dari satu penerima. Cc sendiri merupakan singkatan dari Carbon Copy, dimana namanya diambil sesuai dengan konsep kertas karbon yang digunakan untuk menyalin tulisan pada lembar kertas lain.

Sementara Bcc merupakan singkatan dari Blind Carbon Copy, sama seperti Cc yang digunakan untuk mengirimkan email ke lebih dari satu penerima. Tetapi sesuai dengan namanya Blind atau tidak terlihat, maka bagian penerima tidak akan terlihat di Bcc.

Perbedaan Cc dan Bcc

Perbedaan antara Cc dan Bcc adalah visibilitas dari email itu sendiri. Ketika kamu mengirim email menggunakan Cc, maka penerima utama dan seluruh Cc akan mengetahui kepada siapa email itu dikirim. Sementara jika kita menggunakan Bcc, baik penerima utama, penerima dan Cc tidak akan mengetahui penerima Bcc.

Jadi ketika kamu mengirimkan email ke penerima utama dan Cc, penerima utama bisa melihat cc dari email tersebut, begitu pula sebaliknya. Cc juga bisa melihat penerima utama dari email tersebut.

Tetapi berbeda dengan Bcc. Ketika kamu mengirimkan email ke penerima utama, Cc dan Bcc, maka baik penerima utama dan Cc tidak akan bisa melihat Bcc. Tetapi Bcc bisa melihat penerima utama dan Cc.

Contoh Penerapan

Kamu mengirim email dengan format berikut.

Penjelasan CC dan BCC dalam Email Serta Contoh Penggunaanya

Dari gambar diatas, Aditya Januardi sebagai penerima utama dapat melihat akun-akun Cc yang menerima email tersebut, yaitu Restu, Vivi, Adi dan Virdo.

Restu, Vivi, Adi dan Virdo juga dapat melihat email masing-masing Cc dan Aditya sebagai penerima email tersebut. Namun baik Aditya, Restu, Vivi, Adi dan Virdo tidak akan bisa melihat Sobat Rebah sebagai penerima email karena Sobat rebah merupakan Bcc. Tetapi Sobat Rebah bisa melihat Aditya, Restu, Vivi, Adi dan Virdo sebagai penerima email.

Simpelnya adalah baik penerima utama dan Cc bisa saling mengetahui satu sama lain. Tetapi Bcc akan tersembunyi dan tidak bisa diketahui oleh penerima yang lain.

Apakah Bcc bisa mengetahui ada penerima lain? Bisa, Bcc bisa mengetahui ke siapa saja email itu dikirim, kecuali Bcc lain. Simpelnya Bcc tidak akan terlihat pada log pengiriman email.

Contoh Penggunaan Cc dan Bcc pada Kehidupan Nyata

Nah setelah kita memahami pengertian dan perbedaan dari Cc dan Bcc, bagaimanakah contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah contoh ilustrasi tentang penggunaan Cc dan Bcc.

Penggunaan Cc

Kamu adalah seorang karyawan bagian keuangan suatu perusahaan. Ketika kamu akan mengirimkan laporan keuangan perusahaan bulan ini pada manajer kamu menggunakan email, maka kamu akan mengirim email tersebut pada manajer sebagai penerima utama (To) dan Cc ke asisten manajer, kepala bagian pembelian, kepala bagian penggudangan dan sekertaris perusahaan.

Jadi asisten manajer, kepala bagian dan sekertaris perusahaan bisa mengetahui juga mengenai laporan keuangan perusahaan pada bulan tersebut. Kenapa tidak diletakkan di bagian To saja semuanya? Karena tujuan kita mengirim laporan kepada asisten manajer, kepala bagian dan sekertaris adalah untuk informasi saja, sementara tujuan kita mengirim kepada manager adalah untuk dicek dan laporan.

Penggunaan Bcc

Kamu bekerja sebagai seorang costumer care suatu perusahaan. Ketika kamu membalas suatu email keluhan dari pelanggan, kamu akan menambahkan email manajer kamu sebagai Bcc. Tujuannya adalah agar manajer kamu tahu mengenai keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.

Kenapa menggunakan Bcc? Agar pelanggan tidak merasa privasinya dibocorkan oleh perusahaan karena mengirim email tersebut ke alamat email lain.

So itu tadi penjelasan mengenai Cc dan Bcc, semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan atau masih belum paham silahkan tanyakan di komentar di bawah. Terima kasih sudah membaca!