Kamu Wajib Tahu! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Gmail

Menjadi salah satu layanan surat elektronik terpopuler di 2020, Gmail tentu memiliki beragam kelebihan.
Kelebihan dan Kekurangan Gmail

Tutorku.my.id - Setelah kita membahas mengenai sejarah dan fungsi dari Gmail ada artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan electronic mail besutan Google ini.

Menjadi salah satu layanan surat elektronik terpopuler di 2020, Gmail tentu memiliki beragam kelebihan. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa kekurangan yang bisa di improve lagi pada update berikutnya. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan Gmail itu? Yuk kita bahas.

Kelebihan Gmail

Banyak fitur-fitur yang menjadi kelebihan sekaligus keunggulan Gmail dibanding layanan penyedia email lainnya. Kelebihannya antara lain sebagai berikut.

Multiplatform

Kelebihan yang pertama adalah multiplatform. Yang dimaksud multiplatform disini adalah Gmail dapat diakses dari perangkat apapun dengan seamless. Contohnya adalah ketika kamu mengetik email dari perangkat mobile, kemudian kamu ingin melanjutkannya di komputer. Maka email yang kamu tulis di perangkat mobile tidak akan hilang dan tersimpan di draft sehingga kamu tidak perlu menulis ulang.

Otomatis Mendapatkan Cloud Storage Gratis di Google Drive

Ketika kita memiliki akun Gmail, secara otomatis kita mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15 gb di Google Drive. Ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menyimpan file atau data-data secara online.

Ini juga akan bermanfaat ketika kamu ingin mengirim file pada email namun memiliki ukuran yang lebih dari 25 mb. Seperti yang kita ketahui, batas maksimal file yang bisa dilampirkan dalam Gmail adalah 25 mb. Jadi ketika kita ingin mengirim file yang lebih besar dari itu, kita dapat menggunakan fitur Google drive untuk menyimpan file tersebut.

Tampilan Email Dalam Bentuk Percakapan

Kelebihan lainnya adalah tampilan email yang diterima akan tersortir dalam bentuk percakapan. Ini akan memudahkan kita untuk mencari email dalam topik atau subjek yang sama.

Jadi ketika kamu ingin mencari email tertentu yang kamu terima pada minggu lalu, kamu tidak perlu scroll jauh untuk menemukannya. Kamu hanya perlu membuka percakapan email dengan subject yang sesuai.

Mendaftar Akun Sosial Media Dengan Sekali Klik

Sebagai salah satu layanan dari perusahaan raksasa Google, Gmail memiliki kelebihan dalam hal pendaftaran akun sosial media. Dengan menggunakan Gmail, kamu membuat akun secara simpel dengan mengklik pilihan "Daftar dengan akun google".

Dengan menggunakan pilihan tersebut, Google akan otomatis mengisi form yang dibutuhkan untuk pendaftaran akun tersebut. Data-data itu akan diambil dari profil Gmail kamu.

Dapat Dijadikan Tempat Backup Data-data Penting

Gmail juga bisa digunakan sebagai tempat membackup atau mencadangkan data-data penting yang kita miliki. Contohnya saja kita bisa menyimpan kontak atau nomor telepon di akun Gmail kita. Jadi ketika kita mengganti atau pindah smartphone, yang perlu kita lakukan hanya login akun gmail yang sama dan kontak di smartphone lama otomatis akan ada di smartphone baru kalian.

Gmail juga bisa digunakan untuk mencadangkan data game online di smartphone kita. Jadi dengan login menggunakan akun gmail, karakter dan data game kita akan disimpan dan tidak akan hilang ketika kamu menghapus game tersebut.

Integrasi Produk Google Lainnya

Google memiliki sebuah ekosistem yang didalamnya terdapat banyak produk-produk yang bisa kita gunakan. Contohnya adalah Youtube, Google docs, Google slide, Google sheet, Blogspot, Playstore, Calendar, Google Keep, Google Taks dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Gmail, kita bisa dengan mudah mengakes layanan tersebut tanpa perlu ribet-ribet membuat akun lagi.

Kekurangan Gmail

Fitur Spam Yang Kadang Tidak Tepat

Gmail memiliki fitur dimana email yang berpotensi atau dirasa email spam akan dikelompokkan pada folder Spam oleh gmail. Email spam ini biasanya merupakan email yang dikirim dalam jumlah banyak pada waktu yang singkat, atau bisa saja email yang dicurigai mengandung malware/virus didalamnya.

Namun tidak ada yang sempurna, begitu pula fitur ini. Kadang beberapa kali email-email yang bukan spam malah masuk ke folder spam, yang mana itu akan membuat kita tidak mendapatkan notifikasi ketika email tersebut masuk. Ini akan merugikan jika email promosi atau info diskon malah dianggap spam.

Masalah Email Tertunda di Beberapa Perangkat

Kekurangan lainnya hanya terjadi di beberapa perangkat ketika kita mengirim email melalui aplikasi Gmail di ponsel. Kadang email yang kita kirim tidak langsung terkirim dan tersimpan di draft dengan status "Dalam Antrean". Kadang hal ini akan sangat menjengkelkan ketika kita sedang terburu-buru dalam mengirim email.

Tapi masalah ini hanya terjadi di sedikit perangkat mobile saja dan masih bisa diatasi dengan mengirim email melalui situs Gmail di browser hp kamu.

Tidak Bisa Mengirim File Lebih dari 25 mb per Email

Gmail membatasi ukuran file yang bisa dikirim dalam satu email adalah 25 mb saja. Ini akan menjadi masalah ketika file yang ingin kamu kirim ukurannya lebih dari 25 mb. Namun hal ini dapat diatasi dengan cara menyimpan file tersebut dalam Google Drive dan menyalin link file lalu dilampirkan pada email.

Namun menurut saya itu adalah hal yang agak merepotkan dimana user harus membuka Google drive terlebih dahulu, menyalin link baru menempelkannya di email.

Kesimpulan

Dibalik semua kelebihan yang diberikan Gmail menurut saya masih ada beberapa kekurangan yang bisa di improve oleh Googel di masa mendatang. Kekurangan tersebut tidak terlalu mengganggu namun akan lebih baik jika pihak Gmail bisa improve lagi di bidang tersebut.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan Gmail menurut Tutorku.my.id. Gimana menurutmu? Apakah ada poin yang ingin kamu tambahkan? Seperti kelebihan atau kekurangan lainnya. Silahkan tulis di komentar di bawah ya!