Sejarah Gmail - Awalnya Dikira Prank Hingga Sukses Menjadi Salah Satu Surel Terbesar di Dunia

Daftar Isi Tampil
Sejarah Gmail - Awalnya Dikira Prank Hingga Sukses Menjadi Salah Satu Surel Terbesar di Dunia

Tutorku.my.id - Gmail atau Google Mail merupakan salah satu layanan surat elektronik terpopuler yang ada saat ini. Berikut adalah sedikit sejarah singkat mengenai bagaimana awal Gmail diperkenalkan hingga akhirnya, menjadi surel dengan pengguna aktif sebanyak 1.5miliar akun pada bulan Oktober 2020.

Sejarah Gmail

Dirilis pada 1 April 2004 dengan status beta, situs pesan elektronik besutan Google ini memiliki banyak fitur menarik dibanding pesaingnya kala itu.

Pesaing mereka waktu itu yang contohnya adalah Hotmail keluaran Microsoft hanya memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 2-4 megabyte saja, Gmail diinfokan akan memberikan penyimpanan sebesar 1 gigabyte, jauh lebih besar dari yang diberikan oleh Hotmail.

Penyimpanan tersebut akan digunakan untuk melampirkan atau mengirim file-file tertentu dalam surat elektronik tersebut. File disini bisa berupa gambar, audio ataupun file lain.

Banyak orang dan media pada kala itu tidak percaya ketika Google mengatakan akan meluncurkan layanan Gmail, karena mereka merilisnya pada tanggal 1 April. Dimana banyak yang menganggap itu hanya sekadar April Mop yang diakukan oleh Google karena rumor mengenai penyimpanan 1 gb yang akan diberikan pada setiap akun.

Namun faktanya Gmail benar-benar memberikan kapasitas sebesar 1gb untuk tiap akun penggunanya, yang mana penyimpanan tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan file. Kapasitas 1 gb yang diberikan Gmail sudah sangat besar pada masa tersebut, dimana user dapat mengirimkan lampiran hingga 25mb per email.

Gmail kembali mengagetkan publik ketika pada perayaan ulang tahunnya yang pertama pada 1 April 2005, mereka melipatgandakan penyimpanan yang semula 1gb per akun, menjadi 2gb per akun. Ini membuat publik semakin kaget karena pada masa tersebut, 1gb saja sudah dianggap sangat besar, apalagi 2gb.

Pada 2012, bersamaan dengan diperkenalkannya fasilitas penyimpanan online Google Drive, Gmail kembali mendapatkan update kapasitas penyimpanan menjadi 7,5gb hingga 10gb. Pada saat itu Yahoo Mail, pesaing kuat dari Gmail berusaha untuk melawan ketenaran Gmail, namun Gmail semakin melesat dengan berbagai inovasi yang dia berikan.

Dan pada 2012 pula, tepatnya bulan Juni 2012 Gmail menjadi layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan pengguna aktif sebanyak 425 juta akun di seluruh dunia. Source: The Verge

Hingga pada akhirnya di Oktober 2019, Gmail kembali menambah kapasitas penyimpanan untuk setiap akun hingga mencapai 30gb. Ditambah layanan cloud storage Google Drive yang menyediakan penyimpanan gratis sebesar 15gb per akun, yang mana kita masih bisa menambah kapasitas penyimpanan di Google Drive dengan membeli paket yang sudah disediakan oleh Google.

Fitur-fitur Menarik di Gmail

Banyak fitur baru yang diperkenalkan Gmail sebagai salah satu layanan surat elektronik terpopuler yang ada di dunia. Salah satunya adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view" atau tampilan percakapan.

Dengan tampilan percakapan atau "Conversation view", ketika kita menerima email, Gmail akan mengelompokkan email tersebut bersama dalam percakapan dengan email dengan subject yang sama, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Ini akan memudahkan pengguna dalam mencari email tertentu yang mereka dapatkan.

Fitur lain yang bermanfaat adalah schedule mail, dimana kita bisa mengirimkan email sesuai waktu yang sudah dijadwalkan. Ada pula fitur signature dimana kita bisa menyisipkan tanda tangan atau signature ketika mengirimkan email. Ini akan sangat berguna ketika kamu menggunakan email untuk keperluan bisnis dan professional.

Tampilan yang menarik, dapat diakses dari perangkat mana saja dan cara penggunaan yang mudah menjadikan Gmail menjadi urutan teratas dalam jajaran surat elektronik yang paling banyak digunakan sepanjang masa. Berdasarkan data dari Wikipedia, Gmail pada bulan Oktober 2018 memiliki pengguna aktif sebanyak 1.5 milyar akun dan akan terus bertambah seiring waktu.

Itu tadi artikel mengenai sejarah Gmail, surel besutan Google yang awalnya sempat dikira prank, hingga akhirnya sukses besar di tahun sekarang. Terima kasih sudah membaca, jika berkenan silahkan share ke sosial media.