Media Sosial - Teknologi Yang Mengubah Kehidupan Manusia

Daftar Isi Tampil
Media Sosial - Teknologi Yang Mengubah Kehidupan Manusia

Tutorku.my.id - Interaksi sosial manusia pada masa sekarang mengalami perubahan drastis, hal ini juga tidak terlepas dari pengaruh pesatnya perkembangan teknologi. Jika dulu kita berinteraksi dan berkomunikasi secara tatap muka atau menggunakan media surat, sekarang kita lebih sering menggunakan sosial media untuk berkomunikasi.

Media sosial, atau yang lebih sering disebut sebagai Medsos merupakan hal yang sudah sangat umum di kalangan kita pada masa sekarang. Seiring berkembangnya teknologi, kita bisa melakukan komunikasi dengan media sosial menggunakan jaringan. Hal ini sangat mempermudah kita dalam berinteraksi dan berkomunikasi, dengan sosial media kita bisa melakukan percakapan dengan orang yang sangat jauh secara mudah.

Kita tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengirim surat, tidak perlu bepergian jauh-jauh untuk bertemu dengan orang lain. Dengan sosial media, batas-batas dunia bisa dibilang terasa seperti hilang akibat kemudahan dalam berkomunikasi tersebut.

Pengertian Media Sosial

Sebelum kita menggunakan media sosial, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu tentang apa sih itu media sosial? Apa saja yang menjadi syarat sebuah layanan bisa disebut sebagai media sosial.

Media sosial adalah alat atau layanan yang berbasis online, dimana setiap orang/individu dapat berpartisipasi dalam layanan tersebut. Berpartisipasi disini contohnya adalah dapat membuat akun, menggunakan foto profil, dan berteman dan berkomunikasi dengan pengguna yang lain. Sosial media juga memperbolehkan penggunanya untuk mengunggah postingan baik itu foto, video, teks ataupun dokumen.

Dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan sebuah layanan dapat dikatakan sebagai sosial media jika:

  1. Bisa menampung banyak pengguna/individu
  2. Menyediakan fitur profil (gambar, nama, deskripsi)
  3. Setiap pengguna bisa saling berteman dengan pengguna lain dalam layanan tersebut
  4. Setiap pengguna bisa saling berkomunikasi baik teks, audio maupun video dengan pengguna lain di layanan tersebut
  5. Bisa digunakan untuk mengunggah postingan atau artikel yang bisa berupa gambar, video, audio dan teks serta dokumen lainnya.

Contoh-contoh Media Sosial

Terdapat banyak sekali contoh media sosial di tahun 2020 ini, beberapa diantaranya adalah:

  1. Facebook

Facebook bagi saya pribadi bisa dibilang ayah dari semua sosial media yang ada saat ini. Dengan beragam fitur yang menarik, facebook menjadi salah satu sosial media dengan pengguna aktif terbanyak di dunia.

Kamu bisa melakukan banyak hal di facebook, mulai dari mengunggah posting, gambar, video, dan link artikel. Selain itu kamu bisa berteman dengan pengguna lain dan saling berkirim pesan. Kamu bisa memberikan like, reaction dan komentar pada postingan orang lain.

Dan jika kamu merasa postingan tersebut bermanfaat, kamu juga bisa membagikannya di halaman profilmu agar bisa dilihat oleh seluruh teman facebookmu.

  1. Twitter

Twitter merupakan sosial media microblogging populer saat ini. Dengan fitur tweet dan retweet, twitter memiliki daya tariknya tersendiri. Terdapat sebuah fakta unik tentang twitter yaitu jarangnya situs mereka down atau error. Ini menjadikan banyak akun costumer service perusahaan besar memiliki akun twitter sebagai tempat pengaduan dan menjawab keluhan penggunanya.

Berbeda dengan jejaring sosial yang lain, twitter lebih memberikan kebebasan bagi penggunanya dalam mengunggah konten-konten, termasuk konten sensitif. Namun dari yang penulis lihat, pengguna twitter adalah orang-orang yang terkesan santai dan bisa memilah yang mana hanya candaan sehingga tidak terjadi perdebatan.

Selain itu kenapa twitter disebut sebagai situs microblogging adalah karena fitur thread, yaitu tweet yang bisa bersambung sehingga dapat digunakan untuk menceritakan sesuatu baik informasi ataupun cerita biasa.

  1. Instagram

Siapa yang tidak kenal jejaring sosial yang satu ini. Instagram merupakan jejaring sosial yang berfokus pada upload foto dan video oleh pengguna. Dirilis pada 6 Oktober 2020, Instagram sekarang menjadi salah satu raja yang menduduki puncak dari sosial media.

Hampir semua orang yang memiliki smartphone pasti memiliki akun Instagram. Dengan sistem follower, kita bisa mengikuti akun-akun tertentu sehingga mendapatkan update terbaru ketika mereka memposting sesuatu. Selain sebagai media hiburan untuk mencari foto ataupun video menarik, Instagram sekarang sudah berevolusi menjadi sosial media yang multifungsi.

Kita bisa menggunakan Instagram sebagai media promosi, personal branding, atau sekadar sebagai galeri pribadi yang isinya foto-foto berkesan bagi diri kita sendiri.

  1. Tiktok

Tiktok pada awalnya memang dicemooh banyak kalangan di Indonesia, karena pada awal kemunculannya konten yang ada di dalamnya terkesan terlalu ‘alay’ dan ‘cringe’. Selain itu komunitas ‘fans’ yang ada di tiktok pada awal-awal terlalu berlebihan sehingga kita sebagai masyarakat umum merasa kurang srek dengan sosial media yang satu ini.

Namun, setelah beberapa kali update dan membenahi diri dari hujatan rakyat Indonesia, sekarang tiktok menjelma menjadi salah satu jejaring sosial yang sangat bermanfaat. Disamping kamu bisa melihat video yang unik dan lucu, kamu juga bisa menemukan banyak sekali video-video bermanfaat yang membahas sesuatu.

Bahkan, di beberapa kesempatan saya pernah melihat video di tiktok yang menjelaskan suatu materi, dan saya memahami materi tersebut lebih baik dari ketika saya mempelajarinya di bangku sekolah. Selain itu, tiktok sekarang jauh lebih membuat candu ketimbang Instagram.

  1. Linkedin

Linkedin merupakan media sosial yang digunakan untuk membangun personal branding yang professional. Disini kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan yang ingin kamu lamar pekerjaannya.

Selain itu, di linkedin disediakan fitur untuk menampilkan data diri kita seperti lulusan universitas mana, pengalaman kerja dan lain-lain. Tak heran kalau linkedin sendiri bisa dibilang sebagai CV elektronik. Kamu bisa memanfaatkan linkedin untuk membangun personal branding dan mencari lowongan pekerjaan.

  1. Line

Line merupakan salah satu sosial media yang mengedepankan fitur chatting antar penggunanya. Dengan menggunakan line, kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui teks, pesan suara dan video tanpa memerlukan pulsa.

Kamu bisa menambahkan teman di line dengan menggunakan id dan nomor telepon. Yang paling diunggulan dari line adalah banyaknya stiker lucu dan menarik yang bisa kamu gunakan di dalamnya.

  1. WhatsApp

Mirip dengan line, whatsapp merupakan media sosial yang berfokus pada chatting antar pengguna. Tidak hanya chatting text saja, whatsapp menyediakan fitur untuk melakukan panggilan suara dan video antar pengguna. Keunggulan whatsapp adalah kemudahan dalam pengunaannya.

Ketika kamu ingin menambahkan teman, kamu tinggal menambahkan nomor telepon mereka di hp kamu dan otomatis kontak whatsapp mereka akan tampil di hpmu. Selain itu whatsapp juga dikenal karena ringan dan cepat dalam mengirimkan pesan.

  1. Youtube

Siapa yang tidak kenal youtube? Situs jejaring sosial yang berfokus pada konten video ini merupakan salah satu raja yang menempati posisi teratas di jajaran sosial media. Di youtube kamu bisa mencari beragam video yang sesuai dengan keperluan dan keinginan kamu.

Selain itu kamu juga bisa mengunggah video di channelmu sendiri, kamu juga bisa mendapatkan uang dari iklan yang tayang di videomu ketika diputar oleh orang lain.

  1. Quora

Quora merupakan salah satu forum yang bisa digunakan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari member yang lain. Disini kamu bisa bertanya berbagai hal dan orang lain akan menjawabnya untukmu. Quora merupakan salah satu layanan medsos yang unik karena memfokuskan diri dalam hal pertanyaan dan jawaban.

  1. Blogger

Blogger adalah layanan yang dimiliki oleh google. Kamu bisa membuat blog pribadi atau bisnis di blogger ini. Untuk dasarnya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang ketika ingin membuat blog di blogger. Yang harus kamu miliki adalah akun Gmail.

Di blogger kita bisa berbagi banyak hal, mulai dari cerita pribadi, tutorial, informasi, edukasi dan banyak hal. Kamu juga bisa mendapatkan uang dari blogger dengan memasang iklan.

  1. Pinterest

Pinterest merupakan sosial media tipe social bookmarking. Kamu bisa mencari konten tertentu disini. Keunggulannya adalah ketika kamu mencari suatu keyword di pinterest, maka yang pinterest akan mengelompokkan dan menunjukkan hasil pencarian yang sejenis.

Pinterest sering digunakan untuk mencari gambar atau referensi sesuatu dikarenakan kemudahannya dalam menemukan konten yang sejenis atau relevan.

  1. Dan masih banyak lagi

Perkembangan Sosial Media

Sosial media sudah sangat berkembang sejak awal ditemukannya internet. Tapi tonggak sejarah media sosial bagi saya adalah ketika diperkenalkannya Facebook. Ketika dirilis, facebook awalnya hanya digunakan untuk komunikasi dan sharing antar mahasiswa satu kampus.

Kemudian berkembang pesat hingga saat ini Facebook memiliki ratusan juta pengguna aktif di seluruh dunia dan menjadi sosial media terpopuler di dunia. Perkembangan sosial media pun terlihat pada segi fitur yang dibawa oleh masing-masing layanan medsos. Jika awal-awal kita hanya bisa melakukan posting teks di medsos, sekarang kita bisa mengunggah beragam hal mulai dari teks, dokumen, audio dan video.

Hingga saat ini, media sosial masih terus berkembang, banyak fitur bermanfaat dan menarik yang diberikan serta kemudahan bagi pengguna untuk mengakses dan mendapatkan informasi menjadi salah satu daya tarik sosial media di mata pengguna.

Fungsi dan Manfaat Media Sosial

  1. Media berkomunikasi

Fungsi utama dari media sosial tentu adalah berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan menggunakan media sosial, kita bisa melakukan komunikasi baik sekadar tulisan, panggilan suara hingga panggilan video. Kelebihannya adalah kita bisa melakukan komunikasi dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas jarak dan waktu.

Komunikasi yang dilakukan disini bisa berupa obrolan santai, melakukan diskusi hingga ke interview pekerjaan.

  1. Berbagi dan mencari informasi

Banyak situs media sosial yang memberikan informasi di dalamnya, contoh saja forum-forum seperti Quora dan Blogger. Dengan menggunakan sosial media, kamu bisa menemukan beragam informasi menarik dan bermanfaat. Disamping itu kamu juga bisa membagikan informasi tertentu dengan teman kamu di sosial media.

Tapi ingat, kita harus bijak dalam menggunakan sosial media, terutama dalam hal informasi. Kita tidak boleh menyebarkan informasi palsu/hoax kepada orang lain. Selain itu kita tidak boleh asal percaya berita-berita yang terkesan sangat mengada-ada dan dilebih lebihkan.

  1. Promosi dan Marketing

Sosial media juga dapat dijadikan sebagai media promosi atau marketing suatu barang, produk atau jasa. Ini biasanya dilakukan oleh akun-akun dengan jumlah ‘follower’ atau like yang banyak. Diharapkan dengan banyaknya follower pada akun tersebut, ketika kita melakukan promosi maka banyak pula orang yang mengetahui dan ingin menggunakan/membeli produk kita.

Promosi dalam media sosial juga bisa menggunakan fitur ads atau iklan. Dengan memasang iklan, kamu akan mendapatkan impresi tertentu tergantung paket yang kamu beli. Semakin banyak iklan tentang produk/jasa kamu tayang di sosial media orang lain, maka semakin besar pula kemungkinan produk/jasa kamu dibeli oleh konsumen.

  1. Bisnis

Menggunakan media sosial sebagai bisnis bisa dilihat dari akun-akun ollshop yang menjual produk mereka melalui sosial media. Mereka menggunakan sosial media sebagai alat promosi dan penjualan dari produk mereka. Selaras dengan poin nomor 3, dengan menjual produk/jasa di sosial media diharapkan kita akan mendapatkan banyak impresi dan tentunya pesanan.

  1. Hiburan

Terakhir adalah media hiburan. Kita bisa menggunakan media sosial sebagai salah satu hiburan ketika merasa jenuh. Kita bisa melihat informasi menarik di Instagram, menonton video lucu di Tiktok, dan melihat video bermanfaat di Youtube. Selain itu, ada beberapa series yang dipublikasikan di sosial media, salah satu contohnya adalah short movie yang diupload ke Youtube.

  1. Personal Branding

Personal branding adalah bagaimana kita mempromosikan diri kita sendiri di mata orang lain. Mempromosikan disini berfungsi untuk sebagai referensi ketika kita melamar pekerjaan.

Jika kamu adalah seseorang yang bergerak di bidang desain grafis, kamu bisa menggunakan sosial media seperti Dribbble, Behance, Instagram sebagai tempat kamu memposting contoh karya yang sudah kamu buat. Jadi ketika kamu melamar pekerjaan, kamu bisa menyertakan alamat sosial media kamu sebagai referensi karya yang sudah kamu buat. Ini bertujuan untuk memperbesar peluang diterima bekerja.

Sisi Negatif Sosial Media

Dibalik banyaknya manfaat dan sisi positif dari sosial media yang sudah kita baca diatas, tidak dipungkiri juga sosial media semakin kesini semakin banyak memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Berikut adalah beberapa contoh sisi negatif dan kekurangan dari sosial media menurut saya pribadi.

  1. Maraknya terjadi penipuan online

Penipuan di media sosial memang sering terjadi, disamping kurangnya kehati-hatian pengguna, para penipu online semakin cerdas dalam menggunakan sosial media untuk melakukan penipuan. Jika kamu ingin melakukan transaksi dengan seseorang di sosial media, pastikan terlebih dahulu keaslian akun tersebut.

Selain itu jangan asal transfer tanpa melihat testimoni dari pengguna yang lain. Kamu juga bisa menggunakan jasa rekening bersama agar lebih meminimalisir terjadinya penipuan online.

  1. Penyebaran berita hoax/palsu

Media sosial merupakan salah satu sumber penyebaran berita hoax dan palsu. Ini dikarenakan mudahnya orang dalam mengirim tautan melalui sosial media. Selain itu kurangnya ketelitian pengguna dalam memfilter konten tersebut menjadi hal yang perlu kita benahi.

Ketika kita menerima pesan broadcast tentang berita yang terkesan terlalu dilebih-lebihkan, coba dicek dulu keasliannya baru share ke orang lain. Jangan asal share tapi kamu tidak tahu keaslian dari konten dan berita tersebut.

  1. Penyebaran konten negatif berbau SARA

Selain berita hoax dan palsu, konten negatif berbau sara juga sering sekali kita jumpai di media sosial. Banyak akun tertentu yang menyebarkan ujaran kebencian dan postingan rasisme di sosial media. Ini bisa menjadi hal yang tidak baik karena bisa menyebabkan perpecahan di kalangan masyarakat.

  1. Penyalahgunaan privasi

Ada beberapa media sosial yang diketahui menyalahgunakan data privasi penggunanya. Ketika kamu mendaftar di salah satu layanan sosial media, kamu mengisi data-data yang diperlukan untuk mendaftar yang diantaranya seperti nama lengkap, alamat email, tanggal lahir, alamat rumah, nomor telepon dan yang lainnya.

Kadang ada oknum media sosial yang menyalahgunakan dan menjual informasi mengenai data diri kamu ke internet. Ini bisa digunakan untuk hal yang tidak baik seperti melakukan penipuan atas nama kamu.

Yang bisa kita lakukan adalah gunakan media sosial secara pintar dan teliti. Jangan memasukkan hal-hal yang sangat sensitif ke sosial media, jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun penting karena akan memudahkan pembobol untuk mengakses akunmu.

  1. Membuat pengguna semakin individualis

Tidak dapat dipungkiri pada masa sekarang, orang-orang memiliki teman jauh lebih banyak di sosial media dibanding kehidupan nyata. Ini menyebabkan kita menjadi orang yang memiliki sifat individualis yang tinggi. Selain itu, akan banyak orang yang merasa bahwa sendiri jauh lebih baik dibanding berada dikeramaian (anti sosial)

Kita harus sadar bahwa interaksi di dunia nyata jauh lebih baik dibanding sosial media. Kita sebagai manusia akan merasakan bahwa interaksi sosial di dunia nyata jauh lebih menyenangkan dan menyegarkan pikiran.

Hari Media Sosial Nasional

Tahukah kamu bahwa terdapat hari media sosial nasional di Indonesia? Hari ini diperingati tiap tanggal 10 Juni, pertama kali dicetuskan oleh Pengusaha pemilik Frontier Consulting Group, Handi Irawan D pada tahun 2015 yang lalu.

Bijak dalam Bersosial Media

Sudah disinggung beberapa kali pada tulisan diatas, kita sebagai pengguna sosial media harus bisa bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai kita salah menggunakan dan menjadi masalah dikemudian hari. Beberapa cara bijak yang bisa kamu lakukan dalam bersosial media adalah:

  1. Teliti sebelum melakukan transaksi

Jika ingin melakukan transaksi di media sosial, pastikan keaslian akun dan produk yang akan kamu beli. Lihat testimoni dari pelanggan sebelumnya, atau bisa juga kamu tanyakan kepada pengguna lain tentang keaslian dari akun tersebut. Jika memungkinkan, minta foto KTP dari pemilik akun untuk jaminan.

  1. Cek keaslian informasi yang ada di sosial media sebelum share

Jangan asal share postingan atau berita yang berpotensi hoax atau palsu. Cek lagi keaslian artikel tersebut sebelum kamu membagikannya dengan orang lain. Atau jika kamu terlalu malas untuk mengeceknya, lebih baik jangan share artikel atau postingan yang berpotensi menyebarkan hoax.

  1. Report postingan yang mengandung hal negatif

Salah satu cara memberantas penyebaran konten negatif di sosial media adalah dengan melakukan report. Kita bisa melaporkan konten tersebut ke penyedia sosial medianya langsung (contohnya: facebook, Instagram, twitter, dll). Dengan melaporkan konten-konten negatif, pihak sosial media terkait akan mengecek dan menghapus kontent tersebut jika memang mengindikasikan hal negatif.

  1. Saling menghargai

Saling menghargai adalah dasar dari segala hal yang baik. Ketika kamu bersosial media, kamu harus saling menghargai satu sama lain. Jangan asal hujat dan memaki pengguna lain karena pendapat atau postingan mereka tidak sesuai dengan preferensi kamu.

Jika kamu memang merasa postingan atau konten yang mereka bagikan salah, kamu bisa memberi tahu mereka dengan cara yang sopan. Dan jika kamu ingin memberikan pendapat, gunakan kata-kata yang baik dan sopan, atau paling tidak kata-kata yang tidak melukai dan menyinggung perasaan orang lain.

  1. Gunakan media sosial sebagaimana mestinya

Jangan gunakan media sosial sebagai ajang pamer yang terlalu berlebihan, jangan pula digunakan untuk menyebarkan hoax, penipuan dan konten ujaran kebencian yang lain. Gunakanlah medsos sebagaimana mestinya, berbagi informasi yang bermanfaat dan berkomunikasi dengan orang lain.

Kesimpulan

Media sosial atau medsos merupakan salah satu teknologi yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Dengan hadirnya sosial media, banyak hal menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dengan jauh lebih mudah dibanding sebelumnya. Selain itu kita juga bisa melakukan promosi dan bisnis di sosial media.

Tapi disamping itu semua, banyak pula hal-hal yang harus diwaspadai ketika sedang menggunakan sosial media. Penipuan online, konten hoax dan palsu, hingga menurunnya sikap sosial adalah beberapa yang patut kita waspadai. Yang terpenting adalah kita sebagai pengguna harus bisa bijak dan lebih berhati-hati dalam menggunakan sosial media.

Itu tadi artikel tentang sosial media, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Jangan lupa bagikan jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, berkomentar jika kamu punya kritik, saran, koreksi ataupun pendapat lain tentang tulisan di artikel ini dan terima kasih sudah membaca!