Perbedaan Rasio dan Resolusi Pada Foto dan Video

Rasio dan resolusi adalah beberapa terminologi atau istilah yang ada di dunia digital, khususnya foto dan video.
Perbedaan Rasio dan Resolusi Pada Foto dan Video

Tutorku.my.id - Rasio dan resolusi adalah beberapa terminologi atau istilah yang ada di dunia digital, khususnya foto dan video. Untuk kamu yang bekerja atau memiliki hobi dalam dunia editing baik itu foto maupun video, dua kata ini bukanlah hal yang asing. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai dua istilah tersebut.

Pengertian Rasio

Rasio merupakan perbandingan antara panjang dan lebar dalam sebuah video atau foto. Sesuai dengan pengertiannya, rasio sendiri biasanya dituliskan dengan bentuk perbandingan seperti:

1:1, 2:3, 4:3, 16:9, 18:9 dan lainnya

Dalam penulisan dan penyebutan rasio diatas, angka yang didepan merupakan angka panjang horizontal dari video atau foto. Sementara angka kedua adalah angka lebar vertikal dari foto atau video tersebut.

Sebagai contoh, rasio 16:9. 16 disini merupakan panjang, dan 9 disini lebar. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar dibawah.

Contoh Rasio

Pengaruh Rasio Bagi Foto Atau Video

Rasio sendiri akan menentukan bentuk dari foto atau video kamu. Sebagai contoh, rasio 1:1 akan membuat foto atau videomu berbentuk kotak, sementara 16:9 akan membuatnya menjadi persegi panjang.

Rasio sendiri akan berpengaruh ketika kamu menonton video di youtube atau tempat lainnya. Apabila kamu menonton video dengan rasio yang berbeda dari rasio hpmu, maka akan tampak bar hitam seperti di bawah.

Contoh Rasio
Contoh Rasio Yang Mengakibatkan Bagian Hitam

Rasio juga tidak akan mempengaruhi kualitas dari foto dan video sendiri, hal yang mempengaruhi ini adalah resolusi.

Pengertian Resolusi

Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar dalam sebuah video dan foto. Resolusi juga dapat diartikan seberapa banyak pixel yang ada dalam sebuah foto atau video.

Resolusi sendiri dinyatakan dalam satuan pixel, contohnya adalah 1280 pixel x 720 pixel. Berbeda dengan rasio, resolusi biasanya disebut dengan angka yang lebih kecilnya saja.

Pada contoh diatas, 1280 x 720 pixel biasanya disebut dengan resolusi 720p. P disini melambangkan pixel.

Pengaruh Resolusi Bagi Foto Atau Video

Seperti yang sudah kita singgung diatas, resolusi akan menentukan kualitas dari foto dan video tersebut. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus dan jernih kualitasnya.

Sebagai contoh, resolusi 1080p akan jauh lebih jernih dibanding resolusi 720p. Begitu juga untuk seterusnya.

Perbedaan Rasio dan Resolusi

Berikut adalah tabel tentang perbedaan antara rasio dan resolusi pada video dan foto.

Rasio Resolusi
Perbandingan panjang dan lebar Ukuran panjang dan lebar
Dituliskan dengan bentuk perbandingan Dituliskan dengan satuan pixel
Mempengaruhi bentuk dari foto ataupun video tersebut Mempengaruhi kualitas dari foto dan video tersebut

Hubungan antara Rasio dan Resolusi

Jika kamu sudah memahami perbedaan rasio dan resolusi dari penjelasan diatas, maka kamu akan memahami hubungan diantara keduanya.

Rasio bertugas untuk memberikan bentuk pada foto dan video, sementara resolusi akan bertugas menentukan kualitas dari foto dan video tersebut.

Jadi ketika sebuah gambar memiliki rasio 1:1 dan resolusi 1080p. Maka bisa dipastikan gambar tersebut akan berbentuk kotak dan memiliki resolusi 1080p di setiap sisinya.

Jadi itu tadi penjelasan tentang rasio dan resolusi pada video dan foto, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau hal yang masih belum dipahami bisa kontak admin dengan tombol dibawah. Terima kasih sudah membaca!