17 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Daftar Isi Tampil
17 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Tutorku.my.id - Media Sosial merupakan salah satu alat atau teknologi yang digunakan untuk bersosialisasi dan berinteraksi antar manusia di dunia digital. Di masa modern ini, semua sudah serba digital, begitu pula dengan interaksi sosial.

Jika dulu kita berinteraksi langsung dengan orang lain secara tatap muka, sekarang kita berinteraksi dengan orang lain dengan menatap layar monitor atau smartphone. Inilah salah satu akibat dari media sosial.

Oleh karena itu, agar kita lebih bisa memahaminya maka kita harus mengetahui pengertian media sosial itu sendiri. Berikut adalah beberapa pengertian media sosial menurut para ahli.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

McGraw Hill Dictionary

Media sosial merupakan sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.

B.K. Lewis (2010)

Media sosial ialah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan.

P.N. Howard dan M.R Parks (2012)

Media sosial merupakan media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu : Insfrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital merupakan individu, organisasi, dan industri.

Mark Hopkins (2008)

Media sosial merupakan istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform Media Baru tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya merupakan bahwa berbagai platform media yang memiliki komponen sosial dan sebagai media komunikasi publik.

Michael Cross (2013)

Media sosial adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. Dikarenakan internet selalu mengalami perkembangan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan. Hal ini menjadikan media sosial lebih hypernim dibandingkan sebuah referensi khusus terhadap berbagai penggunaan atau rancangan.

Chris Brogan (2010)

Media sosial merupakan seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan terjadinya berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.

Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015)

Media sosial ialah media berbasis Internet yang memungkinkan pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari user-generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain.

Chris Garrett

Media sosial yaitu alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang dengan satu sama lain dan memiliki kepentingan atau kepentingan yang sama.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016)

Media sosial merupakan media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan.

The ABC (2011)

Media sosial membungkus perangkat digital yang memungkinkan terjadinya kegiatan komunikasi dan berbagi melintasi jaringan. Media sosial digunakan secara produktif oleh seluruh ranah masyarakat, bisnis, politik, media, periklanan, polisi, dan layanan gawat darurat. Media sosial telah menjadi kunci untuk memprovokasi pemikiran, dialog, dan tindakan seputar isu-isu sosial.

Marjorie Clayman

Media sosial merupakan alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Tracy L. Tuten dan Michael R. Solomon

Media sosial merupakan sarana untuk komunikasi, kolaborasi, serta penanaman secara daring diantara jaringan orang-orang, masyarakat, dan organisasi yang saling terkait dan saling tergantung dan diperkuat oleh kemampuan dan mobilitas teknologi.

Antony Mayfield

Media sosial adalah tentang menjadi manusia. Orang biasa yang berbagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, pemikiran, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan dan membangun sebuah komunitas.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein (2010)

Media sosial yakni sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

J. Mike Jacka dan Peter R Scott (2011)

Media sosial merupakan seperangkat teknologi penyiaran berbasis Web yang memungkinkan terjadinya demokratisasi konten sehingga memberikan individu kemampuan untuk menampilkan konten dari konsumen kepada penerbit.

Joyce Kasman Valenza (2014)

Media sosial merupakan platform internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi secara segera dan berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitasnya.

Wikipedia

Merupakan sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Setelah kita melihat beragam pengertian media sosial menurut para ahli, kita bisa memahami lebih dalam dan rinci mengenai apa itu media sosial. Dan itu tadi 17 pengertian sosial media menurut para ahli, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau saran dan kritik silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca!