Jenis-jenis Media Sosial Yang Ada di Internet

Daftar Isi Tampil
Jenis-jenis Media Sosial Yang Ada di Internet

Tutorku.my.id - Sosial media pada masa sekarang bisa dibilang merupakan salah satu bagian dari kehidupan manusia. Dengan adanya sosial media, kita bisa dengan mudah berkomunikasi, berinteraksi hingga berbisnis dengan orang lain. Banyak macam dan jenis sosial media yang ada di internet saat ini, pada artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis sosial media tersebut.

Relationship Network

Relationship network adalah jenis paling umum dari sosial media. Relationship network disini berarti sebuah media yang digunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara digital. Ini merupakan fase awal dari sosial media ketika baru muncul di internet. Sosial media jenis ini biasanya memiliki fitur halaman profil yang didalamnya berisi foto, data-data tentang pengguna, dan informasi tambahan lainnya.

Relationship network dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi melalui beberapa bagian, yang diantaranya adalah Wall(contohnya wall facebook), DM atau direct message dan melalui Timeline. Situs medsos jenis ini bisa bermacam-macam, mulai dari yang professional untuk mencari pekerjaan hingga sekadar berbagi informasi dengan teman-teman saja.

Contoh dari media sosial jenis ini adalah: Facebook, Linkedin, dan Twitter.

Media Sharing Network

Jenis yang kedua adalah media sharing network. Sesuai dengan namanya, ‘media’ jenis medsos yang ini lebih mengedepankan postingan yang berupa media di layanan mereka. Media disini dapat berupa video, gambar dan audio.

Memang banyak sosmed yang memiliki fitur dimana penggunanya bisa menggunggah berbagai macam jenis media seperti facebook dan twitter, namun mayoritas konten atau postingan yang dibagikan pengguna bukanlah gambar/video melainkan teks. Biasanya pengguna sosmed jenis ini akan lebih banyak mengupload media gambar dan video dibanding tulisan. Pengguna juga akan diberikan fitur untuk mengedit gambar atau video sebelum mereka mengunggahnya.

Contoh dari medsos media sharing network adalah: Instagram, Youtube, Tiktok, Snapchat.

Forum Diskusi

Sesuai namanya, kita bisa melakukan diskusi di sosial media jenis ini. Diskusi disini berarti kita bisa mengajukan pertanyaan dan pendapat pengguna lain. Selain itu kita juga bisa menjawab pertanyaan dan pendapat yang diajukan oleh pengguna lain. Manfaat dari sosmed jenis ini adalah informasi yang kita dapatkan berasal dari pengguna langsung yang biasanya mereka sudah ahli dalam bidangnya.

Banyak forum diskusi yang beredar di internet, mulai dari forum diskusi umum hingga ke topik tertentu yang lebih spesifik seperti game, sepak bola dan lainnya. Contoh dari sosmed jenis ini adalah: Kaskus, Quora, Brainly

Social Publishing Platforms

Jejaring sosial tipe ini memungkinkan pengguna untuk membuat artikel yang nantinya dapat dibagikan dan dibaca antar sesama pengguna. Selain itu pengguna juga bisa memberikan like atau komentar dan pendapat pada artikel tersebut. Platform ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu microblogging dan blogging.

Untuk microblogging sendiri contohnya adalah Twitter, dimana pengguna dapat menunggah artikel singkat dalam bentuk thread dan tweet. Pengguna juga dapat mengomentari artikel tersebut dan pemilik artikel dapat membalas secara real time. Selain itu pengguna juga dapat membagikan dan me retweet konten yang mereka rasa bermanfaat.

Sementara untuk tipe blogging contohnya adalah Blogger, Medium, Tumblr dan Wordpress. Disini kita bisa membuat artikel tentang berbagai topik dan dapat dibaca oleh banyak orang. Kita juga dapat membagikan artikel tersebut ke orang lain dengan menggunakan fitur share.

Fitur komentarpun digunakan untuk interaksi antar pengguna dan penulis, bedanya dengan microblogging adalah panjang pendek artikel yang dibuat. Untuk microblogging biasanya artikelnya pendek dan ringkas, sementara blogging sendiri biasanya lengkap dan mendetail.

Online Review

Memberikan rekomendasi tertentu merupakan ciri dari medos tipe ini. Biasanya kita akan melihat review sebelum membeli barang ataupun mengunjungi suatu tempat. Dengan melihat review kita bisa meyakinkan diri apakah barang tersebut memang baik dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Situs sosial media jenis online review ini terdapat banyak jenis, mulai dari yang review suatu tempat, review barang hingga review sebuah jasa. Situs jenis ini selain digunakan sebagai konsumen untuk menilai dan memutuskan apakah akan membeli produk atau menggunakan jasa dari suatu perusahaan, online review juga berguna bagi para pemilik perusahaan.

Ini karena jika suatu perusahaan memiliki review yang baik dan tinggi di salah satu situs review ternama, maka akan semakin banyak konsumen yang datang dan membeli produk/jasa yang disediakan. Contoh dari sosial media tipe ini adalah: TripAdvisor.

E-Commerce

Toko online menjadi trending akhir-akhir ini, situs yang menyediakan barang yang dapat kamu beli secara mudah dengan sekali sentuhan di layar ponsel menjadi daya tarik tersendiri dari sosmed jenis ini. Selain memudahkan kita dalam hal berbelanja, kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding dengan harga di toko fisik.  Tapi kita tidak boleh tergiur oleh harga murah, kita harus bisa teliti dalam berbelanja di toko online agar tidak menjadi korban penipuan.

Situs e-commerce sangat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mulai usaha berdagang namun belum mampu untuk membeli toko fisik. Selain jangkauan konsumen yang lebih luas, kemudahan dalam berbelanja akan memanjakan para pengguna sosial media toko online ini sendiri

Bookmarking Sites

Mencari informasi di internet merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan pada masa sekarang. Begitu banyak website yang menyediakan informasi lengkap dan beragam yang contohnya adalah tutorku.my.id ini. Namun jika kamu ingin mencari ide atau hanya gambaran tertentu tentang suatu topik, kamu bisa menggunakan situs bookmarking site ini.

Sosial media jenis ini akan memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan konten yang sesuai dengan keinginan mereka. Konten tersebut diambil dari banyak sumber di internet lalu akan disimpan di dalam akun pengguna. Konten yang mereka simpan dapat berupa gambar, video ataupun link menuju ke website yang relevan.

Nantinya kumpulan konten tersebut dapat diberi judul dan deskripsi yang akan memudahkan pengguna lain untuk menemukannya. Keuntungan dari media sosial tipe ini adalah pengguna akan diberikan rekomendasi hal-hal yang memiliki kemiripan dengan konten yang sedang kita cari.

Contoh dari sosial media jenis ini adalah: Pinterest.

Interest-based Networks

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sosial media adalah mudahnya kita dalam mencari orang dengan minat dan hobi yang sama. Dengan menemukan sebuah grup yang memiliki minat dan hobi yang sama akan memudahkan kita untuk berdiskusi atau sekadar menanyakan rekomendasi.

Contoh dari sosial media jenis ini adalah: IMDB, Rotten Tomatoes, Group Facebook.

Itu tadi beberapa jenis sosial media yang beredar di internet, dengan begitu banyaknya jenis sosial media akan semakin memudahkan kita dalam mencari sesuatu yang spesifik. Jika kamu ingin bertanya dan berdiskusi kamu bisa menggunakan sosial media tipe forum, jika kamu ingin mencari ide atau referensi kamu bisa menggunakan bookmarking sites dan begitu seterusnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika tidak keberatan silahkan share ke teman kamu untuk menambah wawasan. Kalau kamu memiliki kritik, pendapat atau saran silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah dan terima kasih sudah membaca!