Cara Merubah Notasi Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel

Pernah tidak ketika kamu menulis sebuah angka di Microsoft Excel kemudian angka tersebut berubah berisi huruf ‘e’ di dalamnya?
Cara Merubah Notasi Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel

Tutorku.my.id - Pernah tidak ketika kamu menulis sebuah angka di Microsoft Excel kemudian angka tersebut berubah berisi huruf ‘e’ di dalamnya? Contohnya seperti: 1.545e15

Huruf ‘e’ dalam barisan angka tersebut biasanya muncul pada bilangan dengan angka yang banyak. Huruf ‘e’ sendiri merupakan notasi scientific yang memiliki arti pangkat 10. Hah? Maksudnya gimana?

Jadi kita ambil contoh angka yang diatas yaitu 1.545e15. Notasi ‘e’ disini berarti 10 pangkat angka yang berada di belakang notasi ‘e’ tersebut. Nah pada contoh diatas, angka dibelakang notasi adalah 15 maka berarti 10 pangkat 15.

Lalu cara menghitung angka normalnya adalah kamu tinggal mengalikan angka didepan notasi yang berarti 1.545 x 1015 = 1,545,000,000,000,000

Notasi ‘e’ sendiri biasanya digunakan untuk menuliskan angka-angka dengan jumlah yang sangat besar. Nah ketika kita memasukkan angka ke Microsoft Excel, terkadang Microsoft Excel salah menilai bahwa angka tersebut merupakan angka yang sangat besar dan mengubahnya menjadi angka dengan notasi huruf ‘e’, padahal angka tersebut sebenarnya adalah nomor KTP/SIM kita.

Nah untuk mengatasinya kamu dapat mencoba cara di bawah.

Cara Mengubah Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel

  1. Silahkan klik kanan pada cell angka yang ingin kamu ubah menjadi angka biasa.
  2. Cara Merubah Notasi Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel
  3. Kemudian pilih Format Cell
  4. Cara Merubah Notasi Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel
  5. Setelah itu pada bagian Number, silahkan pilih Text
  6. Cara Merubah Notasi Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel
  7. Setelah itu klik OK
  8. Kemudian klik dua kali pada angka tadi hingga muncul seluruh angka. Setelah itu kamu tinggal klik enter.
  9. Dan notasi ‘e’ sudah hilang digantikan dengan angka biasa.
  10. Cara Merubah Notasi Huruf ‘e’ Menjadi Angka Biasa di Microsoft Excel
Note

Jika angka masih belum berubah, silahkan hapus dan ketik ulang angka tersebut. Maka angka akan berubah menjadi angka biasa tanpa notasi ‘e’.

Cara tadi akan memberikan informasi ke Microsoft Excel bahwa teks yang ada di cell tersebut bukan merupakan angka melainkan teks biasa. Lakukan cara ini pada cell yang perlu saja.

Itu tadi artikel mengenai cara mengubah notasi huruf e di Microsoft Excel menjadi angka biasa. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan atau hal yang masih kurang dipahami bisa kontak admin. Jika berkenan silahakn share ke sosial media atau teman kamu ya agar menambah pengetahuan mereka. Terima kasih!