Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel

Daftar Isi Tampil
Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel

Tutorku.my.id - Ketika kamu sedang mengetik data di Microsoft Excel dan ingin menambahkan simbol mata uang baik itu Rp (Rupiah), $ (Dollar) dan lain-lain, kamu bisa menggunakan fitur Currency atau Accounting yang tersedia di Excel.

Kedua fitur tersebut akan secara otomatis menambahkan simbol mata uang didepan angka yang sudah kamu pilih. Lalu kenapa sih kita harus menggunakan fitur ini? Kenapa kita tidak secara manual saja mengetikkan simbol mata uang tersebut di Excel?

Karena ketika kamu ingin menggunakan rumus untuk menjumlahkan angka-angka tersebut, maka akan muncul eror #Value! ketika kamu mengetikkan secara manual. Ini terjadi karena Microsoft Excel hanya bisa melakukan penghitungan baik itu kali tambah jumlah bagi dan yang lainnya pada cell yang berisi angka saja.

Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel
Eror Value di Microsoft Excel

Oleh karena itu ketika kamu mengetikkan simbol mata uang secara manual, maka akan terdeteksi sebagai huruf dan menghasilkan eror #Value! ketika dilakukan operasi hitung.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu harus menggunakan format cell Accounting atau Currency yang caranya akan saya berikan di bawah.

Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp (Rupiah) di Microsoft Excel

  1. Silahkan blok cell yang ingin kalian tambah mata uang Rp (Rupiah)
  2. Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel
  3. Setelah itu silahkan klik kanan lalu pilih Format Cell
  4. Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel
  5. Pada bagian Number, silahkan pilih Accounting
  6. Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel
  7. Selanjutnya silahkan kamu klik dan ganti Symbol menjadi Rp
  8. Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel
    Note

    Kamu juga bisa memilih simbol nilai mata uang lain yang kamu perlu atau ingin gunakan, terdapat banyak pilihan simbol mata uang yang bisa kamu pilih

  9. Pada bagian Decimal Places kamu bisa ubah menjadi 0 agar nominal tidak berisi koma.
  10. Jika sudah klik OK

Dan otomatis akan muncul mata uang Rp (Rupiah) didepan angka kamu. Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan pilihan Currency namun simbol mata uang tidak akan terlihat rapi. Untuk contohnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah.

Cara Menambah Simbol Mata Uang Rp di Microsoft Excel
Perbedaan Currency dan Accounting di Microsoft Excel

Itu tadi artikel mengenai cara menambahkan nilai mata uang pada angka di Microsoft Excel. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan atau hal yang masih kurang dipahami, kamu bisa menanyakannya di kontak admin di bawah. Jika berkenan silahkan share ke sosial media atau teman kamu agar semakin menambah wawasan.

Follow kami juga dengan mengisi memasukkan email pada kolom Follow by Email. Akhir kata, terima kasih!