Cara Backup Kontak Dengan Gmail

Backup atau mencadangkan data-data penting adalah hal yang wajib kamu lakukan. Dengan melakukan backup, kita akan memiliki cadangan data-data penting.
Cara Backup Kontak Dengan Gmail

Tutorku.my.id - Backup atau mencadangkan data-data penting adalah hal yang wajib kamu lakukan. Dengan melakukan backup, kita akan memiliki cadangan data-data penting. Ini akan sangat berguna jika terjadi eror atau crash pada aplikasi tertentu. Banyak hal yang bisa kamu backup, pada artikel kali ini kita akan lebih mengkhususkan pada backup kontak dengan menggunakan Gmail.

Kenapa sih harus backup kontak di Gmail?

Mungkin muncul pertanyaan kenapa sih kita harus backup kontak di Gmail? Bukannya kita bisa menyimpan data kontak di kartu sim? Karena kalau kita menyimpan di kartu sim, data yang tersimpan akan sangat terbatas. Kita hanya bisa menyimpan nama dan nomor hp saja. Tetapi kalau kita menyimpan kontak di akun Gmail, maka kita bisa menyimpan nama, beberapa nomor hp, email, tanggal ulang tahun dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi karena kita menggunakan Gmail yang merupakan bagian dari ekosistem Google, maka kamu bisa menyambungkan data-data yang ada di kontak tersebut dengan layanan lain Google. Contohnya adalah ketika kamu memasukkan tanggal ulang tahun di kontak seseorang, maka otomatis ulang tahun orang itu akan muncul di Google Calendar.

Contoh lainnya adalah ketika kamu menyimpan kontak seseorang, kamu juga menambahkan alamat email mereka. Ketika kamu ingin mengirim email untuk orang tersebut maka kamu bisa langsung mengetikkan nama kontaknya pada bagian penerima dan akan otomatis terkoreksi. Oleh karena itu langsung saja kita ke tutorial cara backup kontak ke Gmail.

Cara Backup Kontak ke Gmail

  1. Silahkan buat kontak baru di aplikasi kontak kamu.
  2. Cara Backup Kontak Dengan Gmail
  3. Ketika kamu akan menyimpan, pada pilihan Saving to silahkan kamu klik dan ganti ke akun Gmail kamu.
  4. Cara Backup Kontak Dengan Gmail
  5. Jika sudah klik save

Dan kontak tersebut sudah tersimpan ada akun Gmail kamu. Untuk memastikan bahwa kontak kamu sudah tersimpan di server Google, kamu bisa menghidupkan sinkronisasi kontak di hp kamu. Caranya adalah:

Cara Menghidupkan Sinkronisasi Kontak di Hp Kamu

  1. Silahkan masuk ke pengaturan hp kamu lalu cari Akun
  2. Cara Backup Kontak Dengan Gmail
  3. Selanjutnya pilih akun Gmail yang kamu gunakan untuk menyimpan kontak tadi lalu pilih Sinkronisasi Akun
  4. Cara Backup Kontak Dengan Gmail
  5. Kemudian silahkan matikan dan hidupkan pada bagian Kontak
  6. Cara Backup Kontak Dengan Gmail
  7. Jika sudah, maka akan muncul tulisan Terakhir disinkronkan ... maka kontak sudah tersimpan di akun Gmail kamu.

Itu tadi artikel mengenai cara backup kontak ke akun Gmail, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah, terima kasih sudah membaca!