Cara Menambahkan Google Drive ke Explorer Windows 10 dan 11

Google drive dapat diakses melalui aplikasi dan browser. Namun bagi yang menggunakan komputer atau laptop dapat mengakses langsung dari explorer loh

Google Drive – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara untuk menambahkan Google Drive di explorer windows kalian. Di era yang serba digital ini, menyimpan file dapat dilakukan di berbagai media salah satunya adalah cloud storage yang berbasis internet.

Penyimpanan berbasis cloud menjadi pilihan yang menarik banyak pengguna dikarenakan kemudahan dalam menyimpan dan mengakses file yang kita miliki.

Dengan menggunakan penyimpanan online kita dapat mengakses file yang kita miliki dari berbagai platform, baik smartphone, laptop dan komputer selama kalian terhubung dengan koneksi internet.

Dari banyaknya situs penyimpanan berbasis cloud, Google Drive adalah salah satu pilihan yang paling populer digunakan banyak orang. Alasannya karena  kemudahan dalam membuat akun, kalian hanya memerlukan akun gmail saja. Selain itu kalian akan mendapatkan penyimpanan 15 Gb secara gratis dan dapat diupgrade sesuai keperluan kalian.

Nah, Google drive dapat kalian akses melalui aplikasi dan browser. Namun bagi kalian yang menggunakan dekstop baik komputer atau laptop dapat mengakses folder Google Drive kalian langsung melalui file explorer bawaan windows. Bagaimana caranya? Yuk langsung ke tutorialnya.

Tutorial Menambahkan Google Drive ke Explorer Windows

  1. Download software Google Drive for PC melalu link ini Google Drive for PC
  2. Install aplikasi di komputer atau laptop kalian
  3. Setelah software terinstall, kalian akan diminta untuk login ke akun Gmail kalian. Silahkan login terlebih dahulu
  4. Jika sudah disini kalian akan diminta untuk mengatur folder-folder yang akan dibackup secara otomatis ke google drive kalian. Jika kalian tidak memerlukan fitur ini silahkan di unceklis semua foldernya atau klik skip
  5. Jika sudah selesai silahkan cek di file explorer kalian dan otomatis sudah terdapat drive baru yang akan mengarah langsung kedalam Google Drive kalian
  6. Kalian dapat melakukan transfer file langsung seperti copy paste atau mengakses file kalian.

Yang perlu diperhatikan adalah kalian memerlukan akses internet untuk mengakses file-file yang ada di google drive kalian.

Itu tadi tutorial cara menambahkan google drive ke explorer windows untuk mengakses file-file di google drive kalian secara langsung di laptop atau komputer kalian. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih!