Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate

Daftar Isi Tampil
Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate

Tutorku.my.id - Google Translate merupakan sebuah aplikasi dan layanan untuk menerjemahkan berbagai bahasa di dunia. Selain menerjemahkan tulisan, google translate juga bisa melakukan terjemahan terhadap gambar dan suara langsung.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan google translate untuk melakukan percakapan dalam bahasa asing. Bisa dibilang google translate ini memiliki fitur yang sangat bermanfaat di masa sekarang.

Fitur menarik yang disediakan google translate salah satunya adalah Offline Translation, yaitu menerjemahkan bahasa secara offline tanpa menggunakan koneksi data dan wifi.

Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat dimana kita bisa menggunakan google translate untuk melakukan terjemahan bahasa tanpa koneksi internet yang mana kadang kita tidak memiliki kuota atau terkendala sinyal yang buruk.

Nah jika kamu penasaran tentang bagaimana caranya, kita langsung saja ke tutorialnya.

Menerjemahkan Secara Offline di Aplikasi Google Translate

  1. Silahkan buka aplikasi Google Translate terlebih dahulu. Proses awal ini akan membutuhkan jaringan internet dan kuota.
  2. Setelah itu klik icon garis tiga di pojok kiri atas dan pilih Offline Translation
  3. Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate
  4. Disini kamu akan diberikan beragam pilihan bahasa. Silahkan pilih bahasa-bahasa yang ingin kamu terjemahkan secara offline. Contohnya disini saya akan memilih bahasa Indonesia. Silahkan klik icon download
  5. Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate
  6. Ketika kamu klik bahasa yang ingin kamu gunakan, maka kamu akan diminta untuk mendonwnload file. Silahkan klik Download
  7. Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate
  8. Jika muncul popup Download preferences, kamu bisa pilih Use Wi-Fi or mobile network lalu klik Download
  9. Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate
  10. Jika proses download sudah selesai maka terjemahan secara offline tanpa jaringan internet sudah bisa kamu lakukan
  11. Cara Menggunakan Offline Translation di Aplikasi Google Translate

Kamu bisa mendownload bahasa sebanyak yang kamu mau untuk melakukan translate offline, namun perlu diperhatikan bahwa proses ini akan memerlukan internet untuk mendownload data (hanya saat download) dan memakan penyimpanan internal hp kamu.

Itu tadi tutorial untuk melakukan offline translation di google translate, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan dan hal yang masih belum dipahami kamu bisa bertanya ke admin dengan klik tombol dibawah. Terima kasih sudah membaca!