Rewind Indonesia 2020 - Masterpiece Akhir Tahun

Video rewind tahun ini agak sedikit berbeda dengan video tahun lainnya dalam segi tema. Jika kamu jeli, mungkin kamu sudah bisa merasakan perbedaan da

Tulisan ini bisa dibilang reaction dari video rewind indonesia 2020 yang sudah dipublish tanggal 28 Desember lalu. Rewind tahun ini bisa dibilang jauh melampaui ekspetasi kita semua, so without waiting any further to do, gw aditya januardi dan ini adalah beberapa hal yang bisa gua pahami dari rewind indonesia 2020.

Bab I : Tema dan Director

Video rewind tahun ini agak sedikit berbeda dengan video tahun lainnya dalam segi tema. Jika kamu jeli, mungkin kamu sudah bisa merasakan perbedaan dari judulnya saja. Video rewind tahun-tahun sebelumnya menggunakan judul Youtube Rewind, sementara tahun ini menggunakan judul Rewind Indonesia.

Ini bermakna bahwa rewind tahun ini bukan hanya berkaitan dengan sesuatu yang terjadi di youtube saja, melainkan apa yang terjadi di Indonesia. So kalau kamu ngeliat banyak artis tiktok, video-video trending tiktok yang masuk di rewind tahun ini, dan bertanya kenapa ada tiktok di youtube rewind? Itu karena tema atau konsep tahun ini adalah Rewind Indonesia , bukan Youtube Rewind .

Rewind tahun ini didirect oleh Chandraliow dan Aulion, dua orang youtuber legend yang sudah mulai ngeyutub sejak lama. Selain itu rewind ini dicetuskan, atau bisa dibilang digagas oleh beberapa orang yaitu Chandraliow, Aulion, Nessie Judge, Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez.

Bab II : Bahas fakta-fakta tertentu yang ada di Rewind 2020

So pada bagian ini kita akan membahas beberapa hal yang mungkin beberapa orang ga tau tentang scene-scene di Rewind 2020.

Bab II.1 : Scene Koridor Merah

Disini bisa kita liat beberapa video-video yang dianalogikan sebagai seuatu yang ada di youtube, sesuatu yang ngetren di youtube. Kalian mungkin bingung, kenapa ada beberapa repetisi atau pengulangan pada scene ini, nah ini menggambarkan tentang pandangan umum masyarakat kepada youtube di tahun 2020.

Kontennya itu itu saja, apa yang ngetren ya orang-orang bakal banyak yang buat. Karena banyaknya konten yang sama, maka kita sebagai penonton youtube kadang merasa jenuh akibat repetisi konten dan tidak adanya kreatifitas atau jenis konten yang baru.

Youtube youtube lebih dari tv

Selain itu gw merasa kalau dalam scene opening ini terdapat sedikit sindiran tentang konten-konten televisi yang masuk ke youtube dan menjadi trending. Youtube yang sekarang tidak lebih dari tv, kasarnya bisa dibilang seperti itu.

Bab II.2 : Rumah

Setelah scene opening koridor merah tadi, kita diperlihatkan tampilan lanskap rumah yang di timelapse dari siang ke malam. Lampu-lampu di masing-masing ruangan juga mulai menyala dengan warna yang berbeda. Ini merepresentasikan beragam ruangan dengan scene yang berbeda yang akan kita lihat pada scene selanjutnya.

Bab II.3 : Konten Gaming

Konten pertama yang muncul adalah konten gaming. Tidak dipungkiri salah satu konten yang ngetren di 2020 adalah konten gaming. Disini juga diperlihatkan impian dari setiap laki-laki, ps5.

PS 5

Bab II.4 : Master Chef

Pada scene masterchef terdapat Chef Arnold. Ada beberapa hal unik disini yang bisa kita lihat, ketika kamera zoom out, karakter Chef Arnold berubah menjadi Chandraliow.

 Bab II.5 : Youtuber Horor

Scene selanjutnya adalah scene tentang youtuber horor. Yang unik disini adalah ketika scene beralih ke Filo dan Ewing HD. Bisa dilihat dibelakang ada sesosok penampakan.

Kemudian di scene Demian Aditya bisa kita lihat sebagai representatif dari film NKTCHI.

Bab II.5 : AMONG US

Scene among us adal>h salah satu scene terbaik menurut gw. Disini bisa kita lihat beberapa sindiran dan sarkasme terhadap apa yang terjadi di Indonesia. Mulai dari peristiwa mic yang dimatiin, sindiran terhadap pemilihan umum, sindiran terhadap partai, ngomong sama kursi kosong yang diplesetkan dengan Indigo, ikan hiu makan tomat, pengalihan isu, dan kekeyi.

Bab II.6 : Podcast Dedy Corbuzier

Salah satu konten yang menjadi trending berulang kali adalah podcast yang dibawakan oleh dedi corbuzier. Dan scene ini diakhiri dengan ciri khas podcast deddy corbuzier yaitu 5 4 3 2 1 close the door.

Bab II.7 : Cerita tentang negeri

Ini salah satu bagian terbaik juga menurut gw, dimana kita diperlihatkan pemberitaan mengenai kondisi negeri yang sedang dilanda pandemi. Pada jendela dibelakang juga terdapat dua kondisi yang sempat terjadi di indonesia, kebakaran hutan dan bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah.

Scene selanjutnya mengambil referensi dari avenger endgame ketika final battle. Semua orang berkumpul dan menyatukan kekuatan untuk “membantu menyembuhkan negeri” dengan cara membagikan bantuan dan masker. Ketika lagu indonesia pusaka mulai dinyanyikan, gw mulai merinding.

2020 memang tahun yang berat bagi kita, tapi tidak sedikit orang-orang yang tetap memperjuangkan kemanusiaan bagi teman-teman yang memerlukan diluar sana.

Hal selanjutnya yang menjadi concern adalah virtual conference atau pertemuan daring contohnya resepsi pernikahan online hingga ke wisuda online.

Yang paling menyentuh adalah scene ini. Ga perlu gua jelasin lu semua pasti udah paham tentang bagian ini.

Bab II.8 : Indonesia

Pada bagian selanjutnya merupakan representatif dari perayaan hut RI ke 75, dimana kita merayakannya melalui daring atau online.

Satu fakta yang unik adalah Reza arap yang ada disana bukanlah reza arap yang kita kenal dulu sering bermain game dengan kata kata toxic, melainkan reza arap yang merupakan anggota dari weird genius. Reza arap sendiri sebenarnya sudah berhenti dari dunia youtube beberapa tahun yang lalu namun kembali ke youtube dengan konten livestreaming.

Bab II.9 : Kenangan dan Perpisahan

Scene terakhir yang bisa dibilang sebagai scene terbaik, tersedih, termemoriam dalam rewind indonesia 2020. Disini kita diajak flashback ke beberapa tahun lalu, di rewind-rewind yang lalu.

Cocoklogi aja sih, tapi lagu when she loved me yang diputar ketika flashback masih berlangsung. Ini beranalogi tentang youtube sudah bukan lagi tempat bagi kreator-kreator lama yang mementingkan kualitas dibanding kuantitas. So beberapa konten kreator lama yang sudah legend mulai jarang membuat video dan aktif lagi di youtube.

Algoritma youtube juga sudah berubah, dimana bukan kualitas yang membuatmu gampang dapet views, tapi kuantitas. Kasarnya adalah Youtube sudah berubah banyak, berbeda dengan apa yang dulu konten kreator ingat.

Dan setiap ada pertemuan pasti ada yang namanya perpisahan. Andovi dan jovial da lopez akhirnya tahun ini memutuskan untuk selesai berkonten di youtube. Ini disimbolisasikan ketika mereka berdua berada didepan pintu dan akan keluar, keluar dari dunia youtube yang sudah membesarkan nama mereka.

Datang sebagai pemuda, pergi sebagai legenda.

Bab III : Kesimpulan dan Akhir kata

Rewind Indonesia 2020 merupakan rewind yang membahas mengenai hal-hal yang terjadi di Indonesia. Memang tahun ini bukan tahun yang mudah, tapi paling tidak kita mampu untuk mencapai akhir tahun bersama.

Sekian video kali ini, banyak hal mungkin ga bisa gw sampaikan karena jujur. Video rewind indonesia 2020 memiliki banyak makna yang mendalam. Akhir kata, selamat tahun baru 2021, terima kasih 2020. Jangan lupa tonton video aslinya di youtube ya, bantu trending sampai awal tahun 2021.

Terima kasih chandraliow, aulion, nessie judge, andovi, jovi da lopez sudah membuat sebuah video yang luar biasa, yang bisa gw bilang merupakan video terbaik di 2020 yang pernah gw tonton. Semoga sehat selalu, gw januardi and always, don’t stop to make something different.