Cara Memasang Fitur Double Click To Select All di Blogger

Cara ini akan berfungsi untuk menyeleksi seluruh teks dalam suatu bagian dengan cara yang lebih simpel.
Cara Memasang Fitur Double Click To Select All di Blogger

Tutorku.my.id - Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang Cara Memasang Fitur Click to Select All di Blogger, di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial yang serupa namun tak sama yaitu cara memasang double click to select all di blogger atau blogspot. Sama seperti tutorial sebelumnya, cara ini akan berfungsi untuk menyeleksi seluruh teks dalam suatu bagian dengan cara yang lebih simpel. Bedanya dengan tutorial yang sebelumnya adalah dengan tutorial double click ini, maka pengunjung hanya perlu mengklik dua kali pada bagian yang ditentukan dan seluruh teks dalam bagian tersebut akan diseleksi.

Tutorial ini akan sangat berfungsi bagi blog atau website yang membahas mengenai tutorial tentang HTML, CSS, Javascript, dan lainnya yang memberikan kode panjang untuk di copy oleh pengunjung. Jadi kita bisa mempermudah para pengunjung untuk melakukan copy paste terhadap kode yang panjang tersebut dengan melakukan double clik pada area tertentu.

Keuntungan dari cara ini dibanding dengan script yang sebelumnya adalah pada script ini pengunjung masih bisa menyeleksi secara manual teks atau baris teks sesuka mereka. Tidak seperti script sebelumnya dimana pengunjung akan menyeleksi seluruh bagian secara otomatis. Saya pribadi menggunakan script ini di blog Tutorku.my.id

Oke langsung saja ke tutorial cara memasang double click to select all di blogger.

Cara Memasang Double Click to Select All di Blogger

  1. Silahkan buka blog kamu, masuk ke Tema lalu pilih Edit HTML
  2. Jika sudah, silahkan klik CTRL + F lalu ketikkan dan cari </body>
  3. Kemudian pastekan code ini tepat diatas tag tersebut
  4. 
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    //Double Click
    for (var pres = document.querySelectorAll("blockquote,pre"), i = 0; i < pres.length; i++) pres[i].addEventListener("dblclick", function() {
      var e = getSelection(),
        t = document.createRange();
      t.selectNodeContents(this), e.removeAllRanges(), e.addRange(t)
    }, !1);
    //]]>
    </script>
    
    
  5. Terakhir silahkan simpan tema kalian.

Silahkan ganti pada bagian pre, blockquote dengan class bagian/area yang ingin kamu aktifkan fitur click to select all ini. Namun jika kamu ingin menggunakan fitur ini pada bagian syntax highlighter yang biasanya menggunakan tag pre dan code, maka kamu tidak perlu mengubah apapun dalam script tersebut.

Itu tadi artikel tentang cara memasang double click to select all di blogger dan blogspot, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang kurang dipahami silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah dan selamat mencoba!