Cara Install dan Menghapus Font di Windows Update 2020

Ketika kamu melihat sebuah font menarik di internet, tentu kamu ingin menggunakannya di komputer atau laptop kamu.
Cara Install dan Menghapus Font di Windows Update 2020

Tutorku.my.id - Ketika kamu melihat sebuah font menarik di internet, tentu kamu ingin menggunakannya di komputer atau laptop kamu. Tujuannya adalah kamu bisa menggunakan font tersebut di Microsoft Word. Dengan menggunakan font yang unik dan keren, kamu bisa membuat catatan atau laporan kamu terlihat lebih dinamis dan keren.

Selain itu untuk kamu yang ingin membuat presentasi di Microsoft Powerpoint, dengan memiliki banyak pilihan font yang menarik akan membuat slide presentasimu semakin enak untuk dilihat. Di artikel kali ini kita akan membahas cara menginstall serta menghapus font di laptop atau komputer kamu yang berbasis windows.

Cara Install Font di Laptop/Komputer Windows

  1. Silahkan download font yang ingin kamu install.
  2. Jika font tersebut masih dalam format file .zip atau .rar, silahkan klik kanan pada file lalu pilih extract here
  3. Nanti akan muncul file baru dengan format .ttf atau .otf. Silahkan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Install.
  4. Note

    Kamu bisa menginstall lebih dari satu font bersamaan. Caranya kamu tinggal blok font yang ingin kamu install lalu klik kanan dan pilih Install

  5. Jika proses sudah selesai maka font sudah berhasil terinstall di laptop/komputer kamu.
  6. Jika font tidak muncul di software kamu, silahkan tutup dan buka lagi software tersebut agar font tampil.

Ketika kamu sudah terlalu banyak menginstall font, kadang akan membuat loading yang lumayan lama ketika kamu ingin mengganti font. Hal ini bisa diatasi dengan cara menghapus font-font yang tidak pernah kamu gunakan.

Tapi sekadar saran dan peringatan, lebih baik jangan menghapus font bawaan Windows karena bisa saja akan terjadi crash atau eror. Kamu bisa menghapus font-font yang sebelumnya kamu install dan sekarang sudah jarang dipakai lagi. Untuk caranya kamu bisa lihat di bawah.

Cara Hapus Font di Laptop/Komputer Windows

  1. Silahkan buka Comand Promp dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan
  2. Jika sudah silahkan ketikkan Fonts lalu enter
  3. 2 Cara Uninstall Font di Windows Terbaru
  4. Disini kamu akan disuguhi beragam jenis font yang terinstall di komputer atau laptop kamu.
  5. 2 Cara Uninstall Font di Windows Terbaru
  6. Silahkan cari font yang ingin kamu hapus, jika sudah ketemu klik kanan lalu pilih Delete
  7. Klik Ok dan tunggu prosesnya selesai.

Ketika prosesnya sudah selesai maka font tersebut sudah dihapus dari laptop atau komputermu. Kamu juga bisa memilih banyak font dan menghapusnya sekaligus, kamu tinggal blok beberapa font yang ingin kamu hapus lalu klik kanan dan pilih delete.

Note

Jika kamu bingung harus menghapus font yang mana saja, kamu bisa mengecek dan memilihnya terlebih dahulu dengan cara membuka Microsoft Word lalu ketik sembarang teks. Silahkan kamu ganti-ganti font pada teks tersebut dan catat font yang ingin kamu hapus pada notepad.

Cara Menghapus Font di Komputer atau Laptop Windows versi Terbaru

Cara kedua ini adalah cara yang lebih simpel dan bisa kamu gunakan pada versi windows terbaru. Kalau saya tidak salah, fitur ini sudah ada pada windows versi 2000 an. Jadi jika windows kamu berada di versi 2000 atau diatasnya, kamu bisa mencoba cara ini untuk menghapus font yang terinstall.

  1. Silahkan buka setting windows
  2. Kemudian pilih Personalization
  3. 2 Cara Uninstall Font di Windows Terbaru
  4. Lalu pilih Fonts
  5. 2 Cara Uninstall Font di Windows Terbaru
  6. Silahkan cari dan klik pada font yang ingin kamu hapus, lalu pilih Uninstall
  7. 2 Cara Uninstall Font di Windows Terbaru
  8. Dan font sudah terhapus dari windows kamu.

Cara kedua ini lebih mudah karena kita bisa melihat langsung tampilan font yang akan kita hapus, jadi kita tidak perlu mencatat terlebih dahulu font-font yang ingin kita hapus. Namun kekurangan dari cara ini adalah kita hanya bisa menghapus satu persatu font saja, tidak bisa sekaligus.

Itu tadi cara menginstall dan menghapus font di laptop atau komputer yang berbasis windows. Jika kamu masih kurang paham atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar di bawah. Dan kalau kamu berkenan kamu bisa share artikel ini ke sosmed atau temanmu agar wawasan mereka bertambah juga. Terima kasih!